Oleh: ayopeduli | 23 Maret 2009

Keep Surabaya Clean

Jika kita lewat jalan di bawah jembatan layang Mayangkara di kawasan Wonokromo Surabaya, akan tampak oleh mata kita tulisan di dinding yang mengajak menjaga kebersihan kota. Tulisan besar-besar yang terpampang pada hampir semua pilar beton jembatan layang itu berbunyi “KEEP SURABAYA CLEAN”. Tidak ada yang salah dengan ajakan tersebut, tapi kok pakai Bahasa Inggris ya?
Sisi baiknya, Alhamdulillah tukang becak, pemulung, sopir angkot, pengamen lampu merah, dan para pengguna jalan lainnya sudah dianggap melek Bahasa Inggris dan mampu menerjemahkan isi pesan tersebut!
Sebenarnya siapa yang menjadi sasaran ajakan itu? Apa banyak bule yang lewat Wonokromo sehingga mereka juga diminta ikut menjaga kebersihan kota Surabaya? Atau mungkin pihak berwenang telah berhasil mengidentifikasi banyak bule jorok yang mengotori kebersihan kota sehingga khusus membuat ajakan dalam Bahasa Inggris. Jika kita cinta dan bangga dengan bahasa sendiri dan jika sasaran himbauannya orang-orang kita juga, alangkah indahnya jika ajakan itu berbunyi ”Jagalah Kebersihan Kota Surabaya”. Salam.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: