Oleh: ayopeduli | 13 April 2010

Memilih Menu Halal di Pesawat

Devita Sari – detikFood –
Jakarta – Hampir semua maskapai penerbangan menyediakan layanan makan di dalam pesawat. Namun sebagai umat muslim kehalalan menu menjadi faktor penting yang harus diperhatikan. Beberapa tips berikut ini bisa membantu Anda saat berpergian dengan pesawat!

Tidak dapat dihindari saat berpergian dengan menggunakan jasa pesawat terbang tentunya mau tidak mau kita menikmati menu yang disediakan di pesawat. Namun sebagai umat muslim pastinya harus memperhatikan faktor kehalalan menu pesawat yang ditawarkan. Terlebih karena kita tidak mengetahui proses pembuatan maupun bahan-bahan makanan yang digunakan.

Makanan di pesawat biasanya telah disiapkan sebelumnya di darat, sehingga sang pramugari hanya memanaskan dan menghidangkannya saja. Namun banyak juga maskapai penerbangan yang menggunakan jasa catering untuk menyediakan pelayanan makanan ini. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat memilih makanan halal di pesawat:

1. Jika memungkinkan pesanlah menu halal sejak memesan tiket. Untuk penerbangan internasional, menu halal atau muslim food biasanya disediakan secara khusus oleh maskapai penerbangan.

2. Jangan malu bertanya kepada pramugari tentang makanan yang disajikan. Sikap kritis merupakan modal agar tidak terjebak di situasi yang tidak diinginkan. Baca nama menu yang diberikan dan jika ada istilah atau nama yang tidak jelas, jangan segan bertanya pada pramugari.

3. Jika lupa atau tidak sempat memesan menu halal saat memesan tiket, mintalah menu Moslem Meal saat check in. Bisanya beberapa maskapai penerbangan menyediakan menu khusus yang diperuntukkan bagi kaum muslim. Namun perlu diingat sebab pengertian menu halal mungkin berbeda bagi negara-negara non Muslim. Oleh karena itu Anda layaknya tetap harus berhati-hati dan waspada.

4. Jika maskapai penerbangan yang Anda gunakan tidak menyediakan Moslem Meal. Alternatif yang bisa Anda pilih adalah meminta menu makanan vegetarian (sayuran). Ini memang tidak menjamin kehalalan, tetapi setidaknya mengurangi resiko makanan yang berasal dari hewan haram.

5. Anda bisa memilih menu ikan dengan memperkirakan proses pembuatannya, serta jauh dari penggunakan bahan tambahan yang tidak halal.

6. Beberapa maskapai terkadang menggunakan perusahaan catering. Untuk maskapai penerbangan Indonesia cobalah bertanya apakah catering yang digunakan telah mendapatkan sertifikat halal atau tidak.

7. Jika hal-hal di atas masih membuat Anda khawatir, jalan terbaik adalah membawa bekal makanan yang Anda buat sendiri dan sudah jelas aspek kehalalannya. (dev/Odi)
Sumber: detikFood


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: